Sunday, April 12, 2015

Tipu Tipu Power Bank Palsu

Hari minggu kemaren mengantar istri belanja di pasar kaget jatiendah. Iseng-iseng lihat lapak powerbank. Saya sudah punya 2 powerbank merek advance yang 2200 mA dan 4800 mA. Keduanya masih bagus cuman lambat charge dan dischargenya. Maka ketika saya baca spek powerbank yang outputnya 2.1 A tertariklah saya untuk membelinya. Saya tahu powerbank samsung itu abal2, makanya ngga percaya/tertarik dengan spek kapasitasnya yg 5000 mA. Saya lihat casingnya simple, mudah dibongkar. Okelah saya beli buat oprekan.

Sudah 3x dipakai ngecas sambil HP hidup. Pernah selama 30 menit cuman nambah 5%, tapi semalam selama 45 menit bisa nambah 20%. Yah kapasitasnya cuman 45 menit, ngecas HP selama 45 menit habis dah powerbank-nya. Tadi pagi saya bongkar :

Katanya outputnya 2.1 A dan kapasitas 5000 mAh

Isinya 1 buah baterai dan pakai IC TPOWER TP 4213. Dari datasheetnya IC ini normalnya mempunyai keluaran arus 1 A (maksimal 1.2 A). Wah ketipu deh :D . Kemudian entah apa baterainya, apakah Ni-Cd ataukah Li-Ion atau Li-Mn, entah berapa kapasitasnya. Setahu saya harga baterai Samsung Original Lithium Ion Cylindrical Battery 4.3V 28A adalah 50-100 rb.
Rangkaian power bank beserta casing tanpa baterai dijual 18 rb di hongkong. Jadi harga baterainya kira2 17 rb.

Saya masih beruntung, ada juga produk powerbank samsung palsu 38000 mAH yang ternyata isinya baterai palsu. Isi 5 batery tapi yang asli baterai cuman 1, 4 baterai lainnya isinya pasir :D .

sumber gambar : facebook


sumber gambar : facebook

sumber gambar : facebook
Klarifikasi dari samsung :



Ada pula yang diisi serbuk kayu

sumber gambar : facebook
Saya ketipu tapi tetap happy, nanti kalau baterainya soak tinggal diganti ori samsung Li-Ion 4.3 v 2800 mAh yg 50-100 rb

atau ori panasonic Li-Ion  4.3 v 2250 mAh yg 40-70 rb.


No comments:

Post a Comment