Sunday, September 11, 2016

Membuat Aspal Dari Oli Bekas



Songka/siongka

gondorukem

gondorukem
Ternyata oli bekas bisa dibuat jadi aspal, wow bahan2nya mudah tersedia dan prosesnya sederhana. Tapi dimana yah kalau mau beli gondorukem/songka puluhan kilo? Kalau cuman secuil sih banyak di toko elektronika.

Bahan :

1. 5,5 liter Oli Bekas
2. 8 kg  Getah damar Alam. Biasanya disebut sebagai songka atau gondorukem, biasa dijual di toko elektronika untuk menyolder.
3. 10 kg kantong plastik kresek yang bahannya poly propilin.

Cara membuat :

1. Panaskan oli bekas dalam wadah stainless steel sampai mendidih.. biarkan sampai kadar air hilang.. indikatornya adalah  sampai buih oli hilang itu tanda kadar air sudah 0.. biasanya suhu oli panas bisa sampai 250 derajat.
2. apabila oli sudah panas dan stabil tidak berbuih, masukan secara perlahan damar atau resin.. hati hati jangan sampai terciprat oli panas.
3. Aduk perlahan lahan sampai damar benar benar larut dan oli berubah menjadi agak kental dan buih perlahan menghilang. Pada proses ini mengeluarkan bau yang tidak enak terutama pada tahap 1, kemudian bau yang tidak enak akan berubah menjadi bau Pinus atau bau damar khas.. maka gunakan
masker dan sebaiknya di ruang terbuka.
4. setelah larutan oli bekas dan damar homogen kemudian masukan Gilsonite atau limbah plastik polypropilin dan aduk kembali sampai larut dan homogen setelah proses pemasakan ini selesai angkat dan pindahkan aspal cair panas kedalam wadah atau kemasan logam dan tunggu sampai aspal dingin dan mengeras sebagaimana bentuk aspal yang liat bila dingin dan akan kembali cair apabila dipanaskan.

sumber : https://web.facebook.com/krishna.lesmana/posts/10207174177574349

No comments:

Post a Comment